Tuesday, July 21, 2015

Suka Duka Jadi Anak Kolong

SUKA DUKA MENJADI ANAK KOLONG


Quote:

Quote:

Quote:Terima Kasih Admin,Officer,Moderator dan Kaskuser, Juragan, Juraganwati telah mendukung Thread ini menjadi HOT THREAD

Quote:Pengertian Anak Kolong Menurut Wikipedia

Quote:Anak kolong adalah sebutan dalam bahasa sehari-hari untuk anak tentara dan atau anak yang besar di tangsi tentara. Istilah ini telah dipakai sejak masa penjajahan belanda di indonesia Asal-usul istilah ini berasal dari keadaan tangsi anggota TNI yang sangat memprihatinkan. Tentara yang berkeluarga ditempatkan pada asrama dengan ukuran kecil dan berhimpitan. Karena kecilnya ruangan, seringkali tidak cukup untuk ditempati lebih dari satu tempat tidur. Akibatnya anak-anak terpaksa tidur di bagian bawah dipan (kolong). Dari sinilah muncul istilah tersebut.

Quote:Seperti Dua Sisi Keping Mata Uang Logam, Menjadi "Anak Kolong" yang merupakan sebutan khas bagi Anak dari Tentara/TNI baik darat/laut/udara pastinya memiliki suka dan duka tersendiri.Oke Langsung Saja Disimak Gan.Check This Out

Quote:

Quote:
1. BANGGA



Mempunyai seorang ayah yang siap sedia mengorbankan jiwa dan raganya untuk negara republik INDONESIA bahkan sampai meninggalkan keluarga tentu saja membuat seorang anak yang memiliki ayah seorang anggota Tentara/TNI memiliki kebanggaan tersendiri.


Quote:2. DISIPLIN



Anak yang terlahir dari keluarga TNI pasti akan belajar tentang nilai nilai kedisiplinan yang diterapkan baik di lingkungan keluarga ataupun di lingkungan tempat tinggal seperti di komplek tinggal Tentara yang memiliki aturan aturan yang membutuhkan tingkat kedisplinan yang tinggi yang nantinya akan membuat sang anak belajar tentang nilai nilai kedisplinan
.

Quote:3. TINGGAL DI KOMPLEK TENTARA/TNI



Bagi seorang anggota Tentara/TNI pasti akan di beri sebuah rumah dinas di dalam lingkungan Komplek TNI/Tentara. Tinggal di dalam Komplek Tentara/TNI harus memenuhi aturan aturan yang telah ditetapkan, bagi seorang anak tentunya tinggal di sini akan memberi sebuah tantangan tersendiri untuk memenuhi aturan aturan tersebut yang tentunya akan mengajarkan arti nilai nilai kedisplinan kepada anak dan selain itu di sini bisa berinteraksi antara sesama anak kolong


Quote:

Quote:1. HARUS SIAP KEHILANGAN



Ketika seorang anggota Tentara/TNI berangkat dalam tugas untuk membela negara di daerah konflik belum tentu bisa kembali dengan selamat, tak jarang pulang hanya tinggal nama dan jenazah didalam peti . Bayangkan jika seorang anak tentara/TNI yang menanti kepulangan sang ayah ternyata mendapati sang ayah pulang hanya tinggal nama dan jenazah didalam peti tentunya akan sangat berduka, makanya ketika anggota tentara/TNI dikirim bertugas semua anggota baik orang tua, istri dan anak berdoa demi keselamatannya agar bisa pulang kembali berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat.



Quote:2. BERPINDAH PINDAH TEMPAT TINGGAL



Ketika seorang anggota Tentara/TNI ditugaskan untuk berpindah tugas dari satu ke daerah ke daerah lain, otomatis keluarga juga harus ikut baik istri dan anak. Tak jarang dalam beberapa tahun harus berpindah pindah dan tentunya bagi anak harus siap beradaptasi dengan lingkungan baru, sekolah baru. teman teman baru.


Quote:BONUS FOTO ANAK DAN SANG AYAH PEMBELA TANAH AIR

Quote:



Nak,
tahukah kamu aku menangis karena rindu
Sejujurnya sebagai manusia
Bapak ingin dekat dan selamanya mendampingimu bersama ibu

Tapi Nak,
Bapak ini abdi pertiwi
yang kadang pulang, kadang bertugas menghilang
Jiwa ragaku sudah kudharma-baktikan

Aku cuma memintamu,
Ketika Bapak pergi, jaga dan hibur ibumu
Karena sebagai lelaki, engkau harus mampu mewakiliku

Hari ini, puji syukur, tangisku bisa kubagi denganmu
sekadar melegakan perasaan
setelah berbulan-bulan ditempa penugasan

Satu saat nanti, mungkin aku tak kembali,
kamu boleh menangis, tapi jangan meratapi
Hibur ibumu, jaga keluarga kita,
karena kamu adalah lelaki sepertiku

Hari ini aku bisa mengelus pipimu,
menatapmu sepuasnya

satu saat nanti,
bahagia seperti ini mungkin tak bisa kudapati lagi
karena jasadku terbaring bisu di bawah nisan batu
jika tiba saat itu,
aku akan sangat ingin menyapamu,
tapi hanya air mata yang mungkin bisa mewakili perasaanku...

Nak, ijinkan Bapak...
saat ini menangis apa adanya
sebagai seorang manusia biasa yang punya air mata...


Quote:Komentar Juragan Dan Juraganwati

Quote:Quote:Original Posted By salvminerva13 â–º
Bener bgt gan.
ane mau share pengalaman ane jadi anak kolong.
Jadi Bokap ane salahsatu anggota korps baret merah. Yang punya motto : lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam tugas.
Ane dan kluarga ngerasain sendiri selalu siap klo bokap suatu waktu mesti tugas. Bokap pernah dikirim ke timtim waktu ane masih orok merah. Terus pas ane masuk sd bokap dikirim ke Bosnia.
Belum ngeharusin bokap siap dimutasi kemana aja. Ane lahir di Ujung pandang yg skrg jadi Makassar. SD d Batujajar bdg. Smp sampe Sma di Cijantung. Skrg alhmdulillah udh menetap di Cibubur. Makanya skrg ane supel. Soalnya mesti adaptasi sama lingkungan baru tiap bokap pindah. Page one gan jika berkenan.


Quote:Original Posted By miauw80 â–º
ane bukan anak kolong...tp cucu kolong..tp ane ngerasain ajaran itu dr nyokap yg anak kolong...disiplin dan sukses diraih dengan perjuangan..alhamdulillah punya nyokap yg bisa ndidik ane bs spt skrg..abang ane sukses..ane (insya allah) bisa sukses .. yg ptg walopun blm sukses..inget bahagiain ortu gan...


Quote:Original Posted By bf69 â–º
Anak kolong gak selamanya mengandalkan pangkat/jabatan orang tua sebagai tameng, justru anak kolokan (manja) dari pejabat pemerintahan yang lagak tengilnya sudah melebihi ortunya.



Quote:Original Posted By missprancis â–º
Ane bangga jadi salah satu anak kolong


Quote:Original Posted By twisctre â–º
Ternyata anak tentara toh... Ane ada sepupu dan kakek (sepupunya eyang kandung ane) di militer, kakek ane sih ud veteran.

Sepupu ane masuk akmil TNI AU dan ntar lagi lulus dilantik presiden, itu tanggal ulang tahun ane lagi, 31 Juli 2015. Nanti dia msh ada pendidikan lagi.

Dari SMA dia emang udah di sekolah militer di Magelang sana.

Keluarganya aja tinggal berjauhan, suami di sentul, istri di setiabudi jaksel, anak sulung di magelang, anak bungsu di bogor. Sekali ketemuan lengkap pas idul fitri dan natal.


Quote:Original Posted By cocacola â–º
Emak gw nih anak kolong... Tapi tidurnya engga di kolong...


Quote:Original Posted By agusr.com â–º
Setiap ayahnya pamit tugas
Sang anak tahu bisa jadi itu adl perjumpaan terakhir


Quote:Original Posted By gemblonggg â–º
Biasanya emak-emak asrama sering ngegosip gan, jadi anak kolong biasanya udah kebal jadi omongan orang, ngelakuin kesalahan sedikit seasrama bisa tau. Hahahaha


Quote:Original Posted By assassin.xin â–º
Ane jg anak kolong...lahir pas bokap dikirim ke tim2...dan sya benci tim2...smg tim2 ttp jd negara melarat selamanya


Quote:Original Posted By xyphoideusz â–º
setuju gan, sering pindah2 jadi punya banyak teman


Quote:Original Posted By Rifkillers â–º
Berarti ane anak kolong juga dong, ibu ane kowad gan jadi ane udah pindah rumah sampai 4x tapi alhamdulillah masih di kota yang sama...
Untuk sesama anak kolong, jangan patah semangat gan! Memang berat hidup kita tapi lebih berat lagi kehidupan yang di jalanin sama orang tua kita yang militer...
Respect


Quote:Original Posted By kontoculai â–º
Emak ane anak kolong karena kakek ane veteran yg mengabdi pada zaman agresi militer belanda I dan II
Mungkin itu yg menyebabkan emak orangnya disiplin dan rajin
Klo ane?Bangun juga jam 9..😖



Quote:Original Posted By pernahnaikpmtoh â–º
Berada di komplek militer juga kadang kadang dianggap sebagai anak kolong gan, ada senangnya ada susahnya. Gak bisa macem macem di komplek . Tapi ga jarang juga kalau alamat komplek bisa bantu dikala kondisi kejepit.

"Pulang kemana?" atau biasanya "Tinggal dimana?"
"Lampineung"
#kemudianhening


Quote:Original Posted By dnuraito â–º
nice share gan.. ane aja klo dulu waktu orangtua pergi dinas cuma 3 hari udh cemas, pdhal trbilang sering.. skrng gantian ane yg sering dinas, tapi ane juga yg suka sedih ninggalin anak ane yg masih kecil sm istri walaupun paling cm 5 hari.. btw ane bukan tentara sih, kebayang klo anak kolong gmn deg2annya..


Quote:Original Posted By daijiro.patra â–º
jd kebanggaan tersendiri buat ane sbg anak kolong gan, bokap udh pensiun tp alhamdulillah udh usia 70 tp msh jagjagwaringkas, ane seneng klo bokap cerita2 ttg penugasannya di daerah2 konflik dulu. ane sndiri lahir jakarta, TK medan, sd 1 sekayu, sd 3 aceh, sd 6 smpe smu bogor. seru keliling2 jd kebiasaan ane jd suka klo ke tempat yg blm prnh ane dtgin.


Quote:Original Posted By SPCftEVIO â–º
Bangga ane jadi anak kolong. No manja n mandiri
Sikap yg di didik dari kecil


Quote:Original Posted By arunosan â–º
salut sama kakek ane yg telah mengabdi pas jaman soekarno dan soeharto!


Quote:Original Posted By rubikz7d â–º
ane masuk anak kolong ama cucu kolong bapak, ibu, ama kakek ane tni. Ane gak pernah tinggal di komplek militer tapi ibu ane ada asrama dideket kantornya soal disiplin beuh gak usah ditanya ane sekolah di Bandung tinggal di cimahi pernah suatu hari ane main ke rumah temen di deket TSM. ane pulang telat ke kantor ibu ane ehh... Ane ditinggal di bandung udah ane gak punya uang lagi disuruh nginep di asrama ibu ane :yb untung besoknya libur. Ane udah sering ditinggal ibu ataw bapak ane dinas luar . Tapi ane bangga ama mereka telah berjuang bagi Indonesia :yb


Quote:Original Posted By jatafest.junior â–º
YUP !!!
TNI lah yang menjadi salah satu pemersatu Bangsa ini
Tentunya kebanggaan sebagai anak kolong yang betul2 kolong..

bukan kolong2an ala brownies yaaa


Quote:Original Posted By juanparanto â–º
wahh salut ye buat yg punya bapak tentara, btw alm mbah ane tentara gan, jd sebagai cucu ane juga sering kecipratan sikap kedisiplinanya.


Quote:Original Posted By erlangga4 â–º
ibu ane termasuk anak kolong gan,,
pas2an banget hidup jaman dulu katanya..
ane sendiri sering makan singkong waktu kecil


Quote:Original Posted By kiterunner â–º
Hanya ada 1 kata gan, BANGGA.

BANGGA dalam artian, terbiasa dengan didikan tegas, ngerasain tumbuh dan tinggal di pangkalan.
Ane ga ngerasain pindah2 krn pas ane lahir bokap pangkatnya udah tinggi ( bokap ane telat kimpoi , beliau udah tugas ke USA & Russia sebelom ngedapetin emak ane )

Dan yang paling speechless pas pemakaman bokap 2 tahun lalu secara militer, ternyata alm bokap ane punya 2 bintang tanda jasa! sesuatu yang nggak pernah beliau umbar umbar ke siapapun.

Sampai sekarang tetap jadi satu kebanggaan tersendiri buat ane..


Quote:Original Posted By Nurmuharif â–º
Orang tua dua duanya angkatan udara, kakek dari nyokap angkatan udara juga. Yg paling ane rasain disiplin. Dan yg sama ane kebawa itu disiplin di organisasi yg ane ikutin di kampus.


Quote:Original Posted By realgonzalez â–º
banyak yg bilang kalo anak kolong rata2 nakal karena status bokapnya yg tentara, tp semua temen2 ane yg anak tentara pada baek2 aja.
malah waktu ane smp dulu, ada anak kolong yg emang terkenal bengal ketangkep basah nyimeng. langsung bokapnya dipanggil sama komandannya dan digampar karena dianggap bikin malu asrama dan ga bisa didik anaknya..


Quote:Original Posted By greentank â–º
Ane salah satu anak kolong.. hee tapinga tidur di kolong gan..


Quote:Original Posted By ropyaku â–º
BIAR PUN KAKEK ANE DUA DUANYA
VETERAN PERANG .



tapi ko ane kurang respect ama si loreng yg skarang.tengil abis.
Pangkat baru segaris .laganya kaya raja.
Dihajar satu ,semua turun tangan.
Kalah sbelum prang,
Deking prostitusi,(ane liat sendiri )

TAPI INGAT ITU HANYALAH SEGELINTIR
OKNUM.


Tidak seperti si HAMA WERENG
YG BAIKNYA ,HANYALAH OKNUM.
SISANYA PECUNDANG.



PAGEONE BIAR DUNIA TAHU


Quote:Original Posted By r.ramadhan. â–º
ane juga salah satu bagian dari anak kolong korps yang baretnya merah
suka duka nya banyak gan
suka nya ya kayak yang agan sebutin diatas lah

duka nya yang pengen ane tambahin
kayak lebaran gk bareng bokap karna tugas,ane udah 2kali gan
kalo ada masalah sering dikatain "mentang mentang anak baret merah"
padahal kalo ane ada masalah belum pernah ane bawa bokap kecuali memang udah diluar batas kemampuan ane

buat anak kolong ane punya quotes buatan ane :
"ditinggal sudah biasa,dimarahi makanan sehari hari,disiplin suatu kewajiban. Jangan lemah,jadilah kuat saat ditinggal,berpikirlah ketika kita salah. hidup anak koloong!!"
maap kalo quotesnya jelek


Quote:Original Posted By wahidnurh â–º
Ane punya sodara TNI.
Kesian anak2nya gan. Jarang ketemu sama bapaknya. Tugas terus di kota sebelah. Pulang satu minggu sekali. Si Bapak jg kehilangan momen tumbuh kembang anak2nya gan. Tp mau gimana lagi. Kerjaannya mengharuskan gitu.


Quote:Original Posted By Ibenkbloody â–º
Anak kolong jaman skrg beda ma dlu, dlu jamanx orde baru TNI bner2 disegani klo skrg anakx pkpol yg kdg2 rada2 tengil tpi ga smua sh trgntg orgx jg


Quote:Original Posted By khadapy94 â–º
ane anak kolong gan, pindah cuman sekitaran DKI sama Jabar aja
bicara suka duka
bagi ane jadi anak kolong itu SENANG nya cuma 25% aja
75% lagi SENANG BANGEEEEEEEEET


Quote:Original Posted By squadgalau â–º
nyah sedih sekali ngebaca
apalagi itu org2 terdekat kita


Quote:Original Posted By wongteknologi â–º
wah anak kolong baru tahu ane ,ane tinggal di asrama batalyon kavaleri tp iyu dulu sekrng udah pnya rumah sendiri plua menetap soalnya pindh di kodim,btw dulu di yonkav yg namanya tank,apc amx,scorpion dll udh sering ane liht plus naikin pdhl gue liat anak2 lain masih bengong ama hal gituan


Quote:Original Posted By jancukercuk â–º
Thread mantapppppp. Sama sama anak kolong mohon izin untuk repost di ig kita sebagai anak kolong. Mohon untuk follow gan instagram @anakkolong .. Page one berkenan


Quote:Original Posted By zafdan â–º
ane merinding itu gan baca Renungan dipost akhir..

Apalagi kalo inget temen ane yg Bapaknya pulang dengan Peti Jenazah..


Quote:Original Posted By .ded. â–º
salut ngliat kehidupan anak kolong gan
jadi kebawa2 disiplin karna ajaran bokap dan lingkungan sekitar tempat tinggal
miris banget pas ngebaca "gak jarang pulang2 tinggal nama"


Quote:Original Posted By masup.angin â–º
Mama ane anak kolong. Mama ane suka nyeritain dia dulu pindah2 dari Ambon ke Surabaya ke Sidoarjo, Jogja sampe akhirnya ke..Jakarta. Dia bilang gaenak pindah pindah, krn pendidikan gak merata di jaman itu dan apa ya istilahnya , ada gap gitu, lahir di ambon trus disuruh belajar di p.jawa hehe. Mengenai anak kolong tengil,
kayaknya om ane cukup badung dulu untung ane bukan anak kolong, ane cukup dibully sama anak kolong aja


KOMENTAR LANJUT DI POST 1 GAN


Quote:Quote:BEST COMENT

Quote:Original Posted By Gonozo â–º
Yang paling utama disiplin gan..

Gw pernah pacaran sama anak kolong, beuh..ketemu sama bokapnya aja gw gemeteran gan


Quote:Original Posted By Blue_Eyes â–º
pernah punya mantan anak kolong tinggal di Halim

sumpah ga enak
kadang kalo pas mau dtg ke rumahnya pas lagi marahan doi enak aja suruh provost di depannya buat nyuruh ane push up dulu


Hati hati ente yang punya pacar anak kolong

Quote:Original Posted By rikhakurniawaty â–º
wuaaahhh.....jd pngen punya suami tentara jd nya....#eh


Di Thread ini ada kaskuser tentara ga gan?? sis ini pengen calon suami tentara kyknya


Quote:Original Posted By Razhad â–º
alah tokai
anak kolong kebanyakan banyak gaya.
senga banget. mentang2 bapaknya tentara doank dikata gue bakal takut ape


balik ke individu gan

Quote:Original Posted By w.apri61 â–º
Ane anak kolong juga gan. dan kebetulan sekarang udh jadi kaya bokap.. dan segera punya anak kolong juga. pokoknya yg kolong2 itu awesome banget dah..


Mantap Gan,,berarti ente generasi anak kolong jadi Tentara dan punya anak kolong lagi


Quote:JANGAN LUPA RATE 5, CENDOL SAMA KOMENTNYA GAN

Quote:

No comments:

Post a Comment