Wednesday, July 29, 2015

Sudahkah Mimpi Agan Satu Jurusan dengan Kuliah?

Dreams-Dilema Masuk Kuliah
Assalammualaikum wr. wb



Alhamdulillah HT gan, terimakasih atas bantuannya buat semua, yang ngasih cendol juga. Semoga bermanfaat !!


Spoiler for Ga bakal repost:


Banyak orang sukses didunia ini yang nggak lulus kuliah gan, banyak banget. Sebut saja Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Top Ittipat (rumput laut Tao kae noi). Tapi at least mereka udah pernah masuk kuliah walaupun akhirnya drop out . Disini kuliah emang nggak menjamin kita sukses kedepannya gan, banyak dosen yang bilang kalo mau kaya ngapain kuliah, mending dagang aja. Ini emang bener gan, ga salah kok. Bagi ane sendiri kuliah itu lebih ke tempat mematangkan mimpi agan sekalian. Nama nama diatas misalnya, mereka memasak mimpinya pas kuliah gan. Ketika dirasa udah matang akhirnya mereka memilih drop out. Contohnya aja Zuckerberg, awalnya facebook itu dibuat untuk kalangan mahasiswa harvard aja. Mungkin kalo Zuckerberg tidak kuliah di harvard, facebook tidak akan pernah ada. Yah, disinilah peran kuliah untuk "mematangkan" impian.

Quote:Gue g tau mau masuk jurusan apa


Kalo yang ini gokil nih gan, banyak nih yang kayak gini. Mau masuk jurusan apa terserah flat flat aja. Biasanya baru ketemu mimpinya apa pas udah kuliah. Terus akhirnya bimbang, sedih, nyesel campur aduk. Makanya buat agan yang belum terlambat coba merenung dulu deh. Meditasi seminggu cukup kali ya buat menemukan mimpi agan. Kalo kata guru ane sih "pilih bidang yang lo rela lakuin pekerjaan itu siang malem tanpa dibayar sepeserpun, bidang yang memicu rasa ingin tahu lo, bahkan pas lo sibuk, lo rela meluangkan waktu buat sekedar browsing browsing bidang tersebut" lebih ke hobi dan minat agan sebenernya.


Quote:Nggak masuk dijurusan yang diidamkan, ya udahlah mungkin bukan takdir gue


Banyak juga nih yang bilang gini sebagai dalih gak lulus sbmptn, UM, dsb. Padahal kesalahan ada pada diri mereka sendiri. Persiapan buat tes masuk univ itu nggak cukup sebulan dua bulan kelar, harus diperkirakan dulu seberapa tingkat persaingan di jurusan yang dipengenin terus butuh persiapan belajar berapa lama dengan tingkat kemampuan agan. Kalau agan berusaha dengan maksimal pasti bisa. Karena saingan masuk univ itu ada yang persiapannya sampai 2 tahun, ya 2 tahun . Jadi buat agan sekalian yang masih kelas 1-2 sma, monggo dipersiapkan dari sekarang. Karena kalo ntar nyesel, nyeselnya tuh ga bakal gampang ilangnya gan. suwer.


Quote:Pengen membahagiakan orang tua, merelakan mimpi kita sendiri


Dilema tersuram dalam hidup mungkin ya. Kadang emang keinginan kita g sejalan dengan orang tua. Dan akhirnya kitalah yang mengalah dan mengikuti keinginan orang tua masuk ke jurusan yang sebenernya g kita pengenin. Kalo untuk yang ini tergantung sudut pandang kita sendiri. Ada yang menganggap keinginan orang tua itu sebagai jalan terbaik untuk kita ambil. Ya ini nggak salah karena keinginan orang tua pasti juga ada alasan tersendiri untuk kebaikan kita. Banyak orang yang sukses karena ngikutin keinginan orang tuanya masuk ke jurusan tertentu. Tapi mari kita jujur dengan diri sendiri gan, apakah kelak agan akan bahagia dengan kuliah dan pekerjaan agan? Kalo agan merasa nggak akan bahagia jangan ikuti keinginan ortu. Karena mimpi itu kayak milih jodoh gan, harus dipikirin mateng mateng, dari hati agan sendiri. Jangan sampe cerai. Coba ngomong ke orang tua baik baik kayak di film 3 idiot gan, dan buktikan kalau pilihanmu tidak salah.


Quote:Take the risk, get your dream come true


kata kata diatas bukan motto salah satu bimbel ya gan Maksud take the risk disini apa sih? Ini khusus buat agan yang belum berhasil masuk jurusan impian dan agan yang salah jurusan. Berani gak kalo misalnya kita ngulang tes masuk tahun depan? Yah kan rugi udah dapat kuliah setahun, masak ngulang? iya gan ngulang aja. suwer. Untuk mematangkan mimpi yang akan kita jalani sebagai profesi disisa umur kita kelak apalah arti ngulang setahun, bandingkan jika agan harus bertahan berpuluh tahun untuk kuliah dan bekerja dijurusan yang agan g suka. Padahal pekerjaan ini akan kita lakukan sampai pensiun kelak. Coba direnungkan gan .Sebenarnya dengan kita ngulang tahun depan itu banyak keuntungannya gan. Nih beberapa bakal ane jabarin. Yang pertama kita bakal ngrasain berjuang hingga akhir, kita akan lebih memahami arti perjuangan yang sebenarnya gan. Kalau kita masih gagal, inilah saatnya agan ngomong "bukan takdir gue di jurusan itu" dan syukuri jurusan yang agan dapet, pasti agan akan lebih fokus dalam kuliah. Yang kedua, mengenal jati diri agan sendiri. Kalo yang ini khusus buat agan yang g nerusin kuliahnya buat ngulang tahun depan. Kita dapat melakukan hobi kita yang selama ini sulit kita lakukan karena sibuk sekolah. Lebih menata kehidupan dan membuat life planning untuk masa depan. Yang ketiga, bertemu dengan orang orang hebat dimasa depan. Ini buat agan yang ikut bimbel kelas alumni. Kita akan bertemu dengan teman teman seperjuangan yang rela berjuang hingga akhir seperti agan. Mereka adalah orang yang kuat dan tidak mudah goyah. Saat itulah agan sadar bahwa mengulang setahun adalah karunia Tuhan. waktu setahun itu pasti kelak akan berbekas dihati agan sekalian


Quote:Drop Out ?


Yang pengen saya tekankan disini ketika agan bimbang akan drop out atau tidak karena mungkin sudah punya rencana lain, tanyalah pada diri agan sendiri : Sudah matangkah mimpi agan? Maksud matang itu planning agan harus jelas, apakah agan yakin kalau drop out masa depan agan akan lebih baik? Jangan sampai kebimbangan ini menjadi pelarian agan karena agan g betah kuliah Mereka yang drop out dan berhasil adalah yang mengetahui tingkat kematangan mimpinya dan mengerti kapan waktu yang tepat untuk drop out.


Spoiler for Sharing dari para kakak tingkat:


Spoiler for Penjelasan:


Sumber :
-Pengalaman
-Pemikiran
-Image : Google

No comments:

Post a Comment