Wednesday, July 29, 2015

Alasan Kenapa Tulisan Dokter Itu 'Jelek'

Inspiratif 
Kenapa tulisan dokter "jelek" ?


Quote:Alhamdulillah HT gan!
Spoiler for HT:

Ane mengucapkan banyak terima kasih buat Mimin, Momod & Kaskuser semua!
Spoiler for Gambar:

Dan terima kasih juga buat agan2 yang udah kasih ane dan

Semoga kebaikan agan semua dibalas dengan kebaikan juga


Quote:Sebelumnya cek repost atau ngga gan
Spoiler for Gambar:


P E N D A H U L U A N

Quote:Hola gan, apa kabar agan2 hari ini? Sehat? Atau ada yang lagi sakit? wah kalo ada yang lagi sakit ane do'a in semoga cepet sembuh ya

Quote:
Spoiler for Gambar:

Agan2 pastinya ada yang penasaran dong kalau periksa ke dokter kenapa tulisan pada resepnya itu susah dibaca? Nah disini ane mau bahas 2 alasan dibalik "misteri tulisan dokter" itu gan, kebetulan ane juga baru tau tentang info ini


Quote:Hal pertama
Spoiler for Gambar:

Ternyata dibalik tulisan dokter yang susah kita baca itu ada maksudnya gan, yang pertama itu agar pasien tidak mudah untuk memahami isi resep yang diberikan oleh si dokter. Soalnya kalo resep obat ini mudah dipahami pasien, kemungkinan pasien tersebut akan membeli obat yang sama di apotik jika mengalami gejala yang sama tanpa perlu periksa ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyakitnya. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan si pasien.


Quote:Kedua
Spoiler for Gambar:

Yang kedua nih gan, jika tulisan si dokter bisa ditebak dan diketahui dengan mudah oleh si pasien, maka pasien tersebut nantinya bisa melakukan kesalahan persepsi jika memahami isi resep tersebut. Dan inilah alasan mengapa tulisan dokter pada resep obat ditulis untuk susah dibaca. Ya ujung-ujungnya sih agar pasien ga cari obatnya sendiri tanpa konsultasi dulu ke dokter. Nah itu kalo penyakitnya sama, gimana kalo ada penyakit lain yang tidak di ketahui oleh si pasien? Misal ente sakit kepala malah beli obat ambeyen? brabe kan


Quote:
Spoiler for Gambar:

Terakhir dari ane kalo agan sakit ya ke dokter aja. Jangan sampai menahan penyakit sendiri, menerka penyakit sendiri, apalagi update status di media sosial. Ga ada gunanya gan!


Quote:Mungkin sekian dari ane, kurang lebihnya mohon maaf. Kalo ada kesalahan boleh di komentari, kalo ada kekurangan ya monggo di tambahi. Terima kasih dan Wassalam

Quote:Sumber



Quote:Tambahan dari agan2 nih, be te we makasih juga ya
Quote:Original Posted By muzahid â–º
biar apoteker yang baca juga ngebaca nya berkali kali gan,, ga cuma sekali aja jadi kesalahan dalam pemberian obat yang dimaksud kemungkinannya kecil.. menurut ane sih


Quote:Original Posted By yunsarz â–º
Karna udah kebiasaan di kampus dituntut nulis cepet mulu gan jd jelek deh.
Kalo kode kode buat apotekernya memang ada sih tp bukan resepnya tapi bentuk obat, dosis, dll. CMIIW yaaaa


Quote:Original Posted By chocoJR â–º
intinya biar pasien kalo sakit dateng lagi gan


Quote:Original Posted By natzten â–º
iya gan setau ane juga emang biar ga gampang di baca pasien resepnya .

bahaya kan kalo semua orang tau resep dokternya .
makannya tulisannya kaya rumput .


Quote:Original Posted By yunsarz â–º
Karna udah kebiasaan di kampus dituntut nulis cepet mulu gan jd jelek deh.
Kalo kode kode buat apotekernya memang ada sih tp bukan resepnya tapi bentuk obat, dosis, dll. CMIIW yaaaa


Quote:Original Posted By nonaaz â–º
D balik jelek'a tulisan tersimpan kebaikan, hehee 😆


Quote:Original Posted By opiopio â–º
dokter memberikan yang terbaik untuk kita


Quote:Original Posted By audreynagita â–º
Saya pernah mendapati seseorang bercerita di sosmed, dia pernah berobat dan ketika diberi resep dokter untuk dibawa ke bagian pembelian obat, Tulisan dokternya rapih , benar benar bisa dibaca ( Seperti tulisan orang pada umumnya ) meski yang ditulis cuman kode kode, dan ketika ditanya, sidokter menjawab "Itu sengaja karena takutnya Bagian farmasi salah baca, karena salah baca sedikit saja, bisa saja racikan obatnya salah"
cmiiw


Quote:Original Posted By youdid30 â–º
Ane dokter gan..
Sebenernya tuw filosofinya gak gitu gan.. Malah sekarang dokter dituntut supaya tulisannya bagus dan bisa kebaca supaya menghindari kesalahan obat yg diresepkan.. Masalah bisa kebaca ama pasien ato gak sebenernya gak masalah, toh obat2 kan emang udah digolongkan obat apa yg boleh dibeli bebas, dan obat apa yg harus pake resep..
Trus masalah tulisan jelek itu lebih dikarenakan karena pada saat pendidikan kita diharuskan untuk menulis status pasien yg banyak dan cepat, tapi itu dulu, toh sekarang udah pake komputer jadi mustinya sih udah gak ada lagi tulisan dokter yg gak kebaca.. CMIIW..


Quote:Original Posted By junaidimunto â–º
kalo menurut ane ni gan itu karena dulunya di kampus dituntut buat nulis cepet dan buanyak tugas tulis tangan. kayak temen ane di kedokteran


Quote:Original Posted By lakskresna â–º
Tambahan nih gan
1. Karna rasio pasien sama dokter timpang. Dalam sehari dokter melayani 20-100 pasien. Rata2 50-60 pasien. Dan biasanya pasien datang di waktu2 yg relatif bareng, pagi hari atau sore-malam hari. Dengan waktu terbatas dan pasien yg banyak yaa wajar kan nulisnya cepet2. Makanya tulisannya sekenanya yg penting masih bisa dibaca sama apoteker. Nah cara menulis itu direkam sama otak kita. Karna kebiasaan nulis buru2 dan sekenanya yaa jadi permanen gan.
2. Kalo jaman dulu, kebanyakan dokter tulisannya jelek karna sistem pendidikan kedokteran dulu berorientasi sama dosen. Jadi kuliahnya sistem dikte. Mahasiswa harus nulis cepet. Makanya tulisannya sekenanya (kata tante ane yg kuliah kedokterannya tahun 70-80an). Kalo sekarang? Ya ga melulu tulisan dokter jelek kok. Malah temen ane ada yg tulisannya kayak diukir gan saking rapi haha. Soalnya sekarang eranya digital dan sistem pendidikan di kedokteran student oriented (mungkin belum semua fk pake sistem ini). Jadi ga ada tuntutan buat nulis cepet yg akhirnya tulisannya jelek. Jelek bagusnya tulisan tergantung dari dulunya. Kalo memang sebelum masuk fk tulisannya jelek ya jelek aja tapi kalo tulisannya bagus belum tentu tetep bagus (baca nomer 1)
Pejwan kalo berkenan gan


Quote:Original Posted By queenzahira â–º
Ane dokter gan, tapi tulisan ane gak gitu2 banget kok
Sebenernya meskipun tulisan bisa dibaca pasien, isinya toh juga kode yg gak akan dipahami pasien
Ane sih biasanya nulisnya jelek kalo pasien lagi banyak haha
Yg pasti, tulisan itu kudu dipahami si penerima pesan (teman sejawat atau apoteker)
Kalo penerima gak paham, biasanya si dokter bakal ditelepon buat konfirmasi
Itu gunanya ada identitas dokter di surat rujukan atau resep


Quote:Original Posted By pandapo â–º
Ane dokter gan. Justru waktu kuliah dulu kita dituntut buat punya tulisan yang bagus dan mudah dibaca. Kenapa tulisan jelek? Era bpjs kaya gini pasien kita bisa 100 orang sehari gan. Kita harus ngomong sambil nulis rekam medis, resep, permintaan darah, follow up, laporan harian. Yah jadinya tulisan kadang ga kebaca, nulisnya sambil ngomong sama pasien. Kalo sehari2 ga diburu waktu si baguslah,jadi bukan karena sengaja. Emang mau gimana lagi, udah kaya wartawan harian.


Quote:Original Posted By queenzahira â–º
Oh ya nambahin deh, jadi bete baca komentar yg bilang kalo tulisan dokter jelek biar pasiennya dateng lagi
Beda penyakit kan pasti beda obat
Misal, agan dateng ke ane dg penyakit X, lalu ane kasih obat Y dg dosis Z mg
Terus ternyata sembuh
Nah kalau ente sakit lagi dg gejala sama, lalu ente minum obat yg kemarin ane kasih, belum tentu itu bakal bekerja
Kenapa? Karena kondisi yg menyertai juga beda
Salah2 malah self-malpractice
Jadi gansis, mending ke dokter deh kalo sakit
Apalagi kalo dokternya cantik kek ane


Quote:Original Posted By Darkfalcone â–º
Kebetulan ane mahasiswa kedokteran gan
Kalo di kampus ane sih malah disuruh ama dosen-dosen farmasi dan farmakologi disuruh nulis resep dan rekam medik dengan tulisan yang bagus, biar bisa dibaca dengan lebih mudah ama dokter lain dan apoteker. Sesama dokter aja belom tentu bisa baca tulisan sejawatnya loh gan

Nah ini yang bahaya, bisa-bisa nanti sejawatnya yang merawat pasien tsb salah kasih obat, karena bisa jadi pasien ini alergi obat X. Tapi karena riwayat alergi obat ga kebaca di rekam medik (obat yang ditulis di resep juga ditulis di rekam medik), bisa-bisa pasiennya bukannya sembuh malah jadi syok anafilaktik (syok karena alergi)


Quote:Original Posted By sirinyuh â–º
kalo ane sih lebih ke signature gan.
salah satu ciri khas aja karena obat obatan itu sendiri banyak jenisnya termasuk yang NARKOTIKA gan.
tujuannya biar tulisan GA GAMPANG DITIRU gan karena tulisan cepat itu refleks kebiasaan. jadi meminimalisir pemalsuan resep. kebayang kan kalo ada yang malsuin obat2an jenis narkotik.
disamping tulisan spontan yg dibilang orang jelek ane juga biasa nulis pake bolpen biru gan biar ga bisa diakalin (mis. discan atau difotokopi).
jadi bukannya biar pasien datang lagi atau takut bisa beli obat sendiri karena biar dikasih resep tulisan bagus pun toh obat kan ada bungkus yg ada tulisan namanya.

pejwan klo berkenan buat tambahan gan


Quote:Original Posted By iqbalkharis â–º

Tapi pada kenyataannya tidak sesederhana itu gan, untuk beberapa obat tertentu memang pasien bisa mengetahui nama obat dari kemasannya, tapi jika ada obat dengan golongan psikotropika dan narkotika yang tercantum di resep, maka biasanya pihak apotek membuka kemasan obat tersebut dan hanya menyisakan tablet/kaplet/kapsulnya saja yg dimasukkan kedalam pelastik klip agar pasien tidak mengetahui obat tersebut sebenarnya golongan psikotropik/narkotik.
Dan sekali lagi, jelek atau tidaknya tulisan dokter itu bukan faktor kesengajaan, tapi lebih ke masing-masing dokternya sendiri,walaupun resep mudah dibaca, resep tetap tidak akan bisa diterjemahkan jika bukan oleh orang non-medis, karena tetap memuat kode-kode yang dirahasiakan dari pasien


Quote:Original Posted By iqbalkharis â–º

Pertanyaan yang bagus gan
Gini penjelasannya,
Pertama kenapa apoteker langsung bisa baca sebuah resep, karena secara rata-rata, resep yang datang merupakan resep dari dokter/klinik/rumah sakit yang ada disekitar apotek tersebut, sehingga apoteker itu sudah terbiasa membaca tulisannya. Beda halnya jika resep tersebut berasal dari luar wilayah sekitar apotek tersebut, contoh dokter/klinik/rumah sakit di jakarta yang menuliskan resep, sementara pasien membeli obatnya di apotek di bandung. Jika tulisannya lumayan jelek, ada kemungkinan apoteker juga sulit membacanya.
Kedua, melihat struktur resep, contoh :
R/ Amxxxxxxx 500 tab X
$ t.dd 1 p.c
R/ Amxxxxxxx 5 tab X
$ b.dd 1 a.c
R/ Caxxxxxxxx 25 tab X
$ 1 dd 1 p.c
anggap saja hanya hurup pertama dan kedua yang nampak jelas, sisanya kayak rumput.
Cara membacanya, dengan melihat dosis dan aturan minumnya gan. Kalo diterjemahin, resep diatas adalah :
1. Amoxicillin 500 mg sepuluh tablet diminum 3x sehari sesudah makan (kode "p.c" merupakan singkatan post coenam artinya sesudah makan)
Memang ada kemungkinan obat yg dimaksud adalah Amitriphtilin, atau Aminophilyn, tapi kemungkinannya kecil, karena kedua obat tersebut sudah jarang digunakan
2. Walaupun sama-sama memiliki awalan "Amxxxx" obat kedua beda dengan yg pertama gan, karena dibelakangnya diikuti dengan angka 5, ini berarti obat tersebut memiliki dosis 5 mg, dan memiliki kode "a.c" singkatan dari ante coenam artinya sebelum makan, nah bisa disimpulkan obat dengan awalan "Am" memiliki dosis 5 mg, dan diminum sebelum makan adalah Amlodiphine 5 mg
3. Untuk obat yang ketiga, obat dengan awalan "Ca" dan diikuti angka 25, sudah pasti adalah Captopril 25 mg, karena nama obat dengan awalan "Ca" yang memiliki dosis 25 mg hanya Captopril saja, walaupun ada obat lain yang dosisnya 25 mg, seperti Natrium diklofenak dan Potassium diklofenak tidak mungkin menggunakan awalan "Ca" kan? hehe

Memang butuh pengalaman bertahun-tahun gan, untuk memahaminya (ane sendiri masih 22 tahun kok ) disamping kejelian dalam memperkirakan penyakit si pasien, juga kemampuan dalam menghapal ratusan jenis obat.

Saya rasa sudah cukup jelas, boleh disimpen di pejwan lagi gan, biar ngga banyak agan kaskuser yang penasaran



Quote:Original Posted By iqbalkharis â–º
Sedikit nambahin gan, kebetulan ane farmasis dan pernah kerja sebagai tenaga teknis kefarmasian.
Sebenarnya tulisan dokter tidak semuanya jelek kok gan, banyak juga yang bagus, malah dibeberapa klinik sudah ada yang di print. Memang benar, kalau resep itu ditulis oleh dokter kepada apoteker dengan beberapa aturan yang sudah ditetapkan agar kerahasiaannya terjaga. Karena kode etik dalam menulis resep itu sudah dibakukan. Seandainya resep tersebut bisa dibacapun, belum tentu resep itu bisa dimengerti oleh orang awam, karena dalam resep tersebut ada beberapa singkatan dari bahasa latin yang digunakan untuk memuat informasi mengenai jumlah, cara, dan aturan pemakaian obat.
Ane kasih contoh gan :

R/ Paracetamol X tab
$ t.dd 1 p.c

maksudnya adalah :
Recipe pacaretamol X tab (ambilkan parasetamol 10 tablet)
signa ter de die uno post coenam (tandai 3 kali sehari sesudah makan)
nah itu berarti apoteker harus memberikan obat paracetamol sebanyak 10 tablet, dan keterangannya ditulis 3x sehari 1 tablet sesudah makan

Itu untuk obat yang sudah jadi, beda lagi dengan obat yang harus diracik. Ada aturannya lagi gan
Saya share info ini hanya untuk meluruskan pandangan agan-agan tentang dunia farmasi dan kedokteran, tapi ingat gan, tetap pergi ke dokter dan belilah obat dengan menggunakan resep, jangan pernah mencoba membeli obat tanpa saran dokter untuk menghindari kesalahan penggunaan obat.
Pejwan gan


No comments:

Post a Comment