Wednesday, July 29, 2015

Pilih-Pilih Temen Kelompok & Cara Ngadepinnya

Pilih-Pilih Temen Kelompok & Cara Ngadepinnya

KL!K BANNER







Nggak boleh kalo di pertemanan, tapi dalam kelompok sangat dianjurkan! Meski berbeda-beda tapi tetap satu kelompok juga.

Buat lo yang masih sekolah/kuliah pasti suka mengalami hal ini deh. Selalu bingung milih temen buat jadi satu kelompok sama kita. Kayak milih pacar, suka ada pertimbangan yang harus kita pikirin baik-baik. Misalnya, nggak enak ditolak karena udah temenan banget. Tapi kalo dijadiin kelompok juga bakal nyusahin. Soalnya lo tahu kalo ini bakal menentukan kesuksesan tugas dan nilai lo nanti. Ini nihh beberapa kriteria temen yang patut lo ajak bergabung sama lo buat jadi satu kelompok.

Siapa tahu bisa jadi panduan lo dalam membentuk kelompok kelak.


Quote:


Yang Selalu Bawa Cemilan
Di tengah terpaan tugas yang menguras otak, dia bisa jadi malaikat buat kalian. Selalu bawa cemilan di setiap pertemuan. Nggak jarang dia juga suka nawarin lo mau dibeliin cemilan apa. Biar konsentrasi dan keseruan kalian selama ngerjain tugas tetep terjaga. Kayak minta pesenin bakso di tikungan jalan, gorengan abang-abang yang masih panas, rujak buah atau minta tolong dia bellin es tong-tong yang suka lewat depan rumah.


Quote:


Yang Punya Fasilitas Mumpuni
Ini juga perlu banget lo ajak. Mulai dari rumahnya yang enak buat jadi basecamp kelompok. Apalagi ada fasilitas wifi anti lelet. Laptop canggih yang bisa dibawa pulang sama siapa aja. Terus ada printer juga yang bisa dipake buat ngeprint apapun (kayaknya tuh tinta nggak habis-habis) di luar tugas. Pokoknya fasilitas yang bisa mendukung kesuksesan tugas kalian.


Quote:


Yang Suka Bayarin Fotokopian/Print-an/Jilid-menjilid
Nah orang ini juga penting ada di kelompok yang mau lo bentuk. Apalagi yang namanya tugas pasti nggak jauh-jauh sama urusan ngeprint, fotokopi, jilid-menjilid. Orang kayak gini biasanya paling cekatan ngeluarin uang dari kantong dibanding yang lain. Alias punya inisiatif tinggi buat bayar duluan. “Udah gampang pake duit gue dulu aja nih.” (Disaat anggota lain masih ngerogoh kantong celana dalam gerakan lambat).


Quote:


Yang Mobile Banget
Mobile di sini maksudnya bisa diajak atau disuruh kemana aja. Dia nggak pernah keberatan kalo suruh ke tempat tertentu. Pokoknya gampangan banget. Minta anterin ke sini mau, ke sana oke, ke sana ke sini ayoo. Bener-bener cocok buat jadi anggota kelompok, terutama bagian akomodasi dan transportasi kalian.


Quote:


Yang suka banget Orasi
Orang yang kayak gini, suka kelihatan hebat banget. Suka ngasih semangat buat anggota lainnya kayak motivator. Sering ngasih kata sambutan di awal kerja kelompok yang isinya mimpi-mimpi dia tentang masa depan kelompok. Tapi giliran disuruh mulai ngerjain, dia bakal ngasih pidato sanggahan.



Quote:


Yang Selalu Becanda
Orang kayak gini suka berpengaruh besar di kelompok. Bisa positif, bisa juga negatif. Jarang bisa serius. Selalu aja apa yang dia denger dikomentarin atau diseret-seret jadi bahan bercanda. Mulai dari plesetan kek, tebak-tebakan, sampe sulap-sulapan. Akhirnya sering berhasil bikin konsentrasi semua jadi buyar dan tugas pun gagal dikerjakan.


Quote:


Yang Udah Sepaket Pacaran
Kayak satu paket gitu dan nggak bisa dipisahin. Jadi pilih satu bonus satu. Enaknya sekelompok sama yang kayak gini sih, kalo salah satu dari mereka rajin, pasti pasangannya bisa ikut rajin. Soalnya kan bisa jadi keliatan romantis dan kompak gitu. Sebaliknya, kalo mereka cuma numpang pacaran, terus ngambek-ngambekan dipastiin bakal merusak mood kelompok. Belom lagi kalo adegan rayu-rayuannya di depan kita. Bikin gemes banget nggak sih?


Quote:


Yang Cuman Pengen Nilai
Heran juga sih kenapa orang ini selalu aja ada di dalam sebuah kelompok? Nggak pernah kerja, tapi selalu dapet nilai yang sama dengan kita, karena dibagi rata dengan baik sama guru/dosen. Malah kadang, walaupun kita udah menghindar dari dia. Tetep aja dia bisa satu kelompok sama kita. Tahu nggak kenapa? Karena dia udah lebih dulu nulis nama kita ke dalam kelompoknya, terus langsung di kumpulin ke meja guru. Jadi mau nggak mau deh. Namanya juga parasit.


Quote:


Yang Diam-Diam Tapi Emas
Nggak banyak ngomong, tapi banyak kerja. Selalu kasih kejutan ke anggota lain dengan tugas yang udah diselesaikannya sendiri. Makanya sering jadi andalan dalam sebuah kelompok. Tapi, sebenernya ini juga nggak bagus sih. Soalnya kan ini tugas kelompok, bukan individu. Jadi harusnya tetep ada koordinasi sama anggota lain. Ya, walaupun lebih banyak percuma, minimal kita udah belajar tentang team work dan bersosialisasi.


Quote:Cukup segini dulu ajah kali yahh... Ntar ane bakalan UPDATE ! Aatau Punya kriteria lain yang lo jadiin patokan dalam bikin kelompok? Bagi-bagilah ke sini.

Quote:Original Posted By .sbc.kaskus. â–º




JOIN NOW !! STUDENT BANDUNG COMMUNITY
..........................................
[

Come and Join to our grup



~ SBC KASKUS ~
For invite, please chat id line : azzaseptian or abdulrazakr80




No comments:

Post a Comment