Monday, July 20, 2015

Turis Asing Justru Punya Inisiatif Bersih-Bersih Gunung Rinjani

Ini Dia Aksi Bule Membersihkan Sampah Di Gunung Rinjani


Quote:

Quote:Terima Kasih atas dukungan dan Support Admin Kaskus, Officer Kaskus , Moderator dan Para Kaskuser, Juragan , Juraganwati Sekalian telah memilih dan membantu Thread Ini Menjadi HOT THREAD Ke 3 Ane



Quote:Siapa yang tak kenal dengan Gunung Rinjani? Gunung tertinggi ketiga di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memang menjadi salah satu gunung favorit para pendaki. Tak cuma pendaki asal Nusantara yang datang kemari, pendaki dari luar negeri pun rela datang jauh-jauh untuk mencapai puncaknya.Gunung Rinjani memang tujuan impian para pendaki. Siapa yang gak sudi menjamahi singgasana Dewi Anjani di puncak tertingginya? Pun, tak ada yang sanggup berkata-kata ketika cahaya senja yang keemasan menggelayut manja di dinding-dinding Danau Segara Anak.Tapi, di balik foto-foto keren pemandangan Rinjani dan foto-foto indah di puncak dan Danau Segara Anak yang diunggah para pendaki ke medsos, ada sisi lain yang hanya dilirik oleh sebagian orang-orang yang peduli:

"Rinjani ternyata ternodai sampah yang ditinggalkan para pendaki."

Selama ini yang sampai ke mata kita hanyalah foto-foto indah dari puncak Rinjani. Padahal, ada banyak “bopeng” di wajah gunung yang jelita ini


Quote:Sekilas Pemandangan Sampah Di Gunung Rinjani

Quote:

TERLIHAT SAMPAH DIPERKEMAHAN



IRONIS MELIHAT INDAHNYA RINJANI BERBANDING DENGAN SAMPAH




SAMPAH DI PERKEMAHAN



WARGA BAHKAN MELAKUKAN AKSI PROTES SAMPAH DI KANTOR TNGR


Quote:Nah teman teman kita dari luar negeri dari komunitas Green-Books.Org saat mendaki Gunung Rinjani Beberapa Hari yang lalu melakukan kegiatan bersih bersih sampah di gunung Rinjani dan dibawa turun lagi gan . Langsung saja lihat dokumentasi aksi mereka dibawah

Quote:



Quote:Ane pribadi salut sama bule bule ini sangat peduli terhadap lingkungan dimana mereka bahkan mengadakan aksi positif seperti ini dinegara lain,SALUT. Mari kita lebih peduli terhadap tempat tempat wisata alam yang dimiliki oleh Indonesia Gan. Kalau bukan kita sebagai warga negara INDONESIA siapa lagi yang akan peduli. Ane juga yakin masih banyak pendaki gunung dan pencinta alam di negeri ini yang benar benar mencintai alam indonesia dan melakukan hal hal seperti para bule/turis asing ini, dan untuk ane pribadi, juragan, juraganwati sekalian mari kita hilangkan segala sikap dan perilaku negatif ketika berada di tempat tempat wisata alam, dan tempat wisata lainnya, sudah waktunya kita yang menjaga, mencintai pemberian Tuhan di tanah INDONESIA dengan sepenuh hati

Quote:HAL HAL YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENJAGA WISATA ALAM DI INDONESIA :

1. STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN



Aksi Buang Sampah Sembarangan masih dilakukan oleh sebagian besar Wisatawan, tentunya ini akan sangat mengganggu dan mengurangi kenyamanan di tempat Wisata

2. STOP CORET CORET



Aksi Coret Coret memang menjadi masalah yang serius di kawasan wisata tidak hanya di Indonesia saja melainkan di seluruh dunia. Kegiatan corat-coret di tempat wisata ini merupakan kelakuan tak bertanggung jawab dari para wisatawan yang tidak menghargai nilai estetika dan kebersihan dari suatu objek wisata.


Quote:BONUS KEINDAHAN GUNUNG RINJANI:









Quote:Sumber :

FACEBOOK KOMUNITAS GREEN-BOOKS.ORG



Quote:SALAH 1 JURAGAN YANG PEDULI :

Quote:Original Posted By teguh99ers â–º
ngikut bantu biar jdi Ht..
jadi gini gan..ini sebelumnya ga jdi masalah besar ketika tiket belum naik...karena tiket skrg hampir 100% kenaikan makanya ada sampah tidak sebanding dengan kebersihan tempat..ga worthed lah bagi bule dg bayaran sekian2...apalagi bagi pendaki lokal krn merasa sdh bayar mahal jadi bisa sesuka hati termasuk buang sampah..nah ini yg harus diperbaiki..rasa memiliki Rinjani ini kaga ada..
tiket bisa sy jelaskan disini..bahwa itu amanat undang-undang..bukan pengelola Taman Nasional Gn. Rinjani dalam hal ini..bisa dicek ya kenaikan tiket disemua kawasan yg statusnya taman nasional..Bromo,Merapi,G.Gede, Komodo dll sama! mau cek lengkap di PP 12/2014 tentang PNBP lingkup kehutanan
Kami..cie cie sebenarnya sdh banyak yg kita lakuin,,bersih gunung dari kami aja bisa 2x seminggu..2 tim utk lokasi Senaru-Sembalun,,blum lokasi yg lain,,utk pendaki ilegal jg sdh ada patroli tiket sebulan 2x,,tpi ya itu pas habis ngebersihin belum ada sejam sdh banyak sampah lagi..gedeg ga tuh.. jdi bukan seberapa banyak bersih gunung yg dilakuin tp gmn cara ngerubah sikap pendaki ini..mau lokal or bule sama saja (kadang ada bule yg jorok jg! )
btw bersih gunung rutinnya itu bukan kita yg ngerjain lgsg tp kita gandeng kelompok masyarakat peduli rinjani..hanya dananya aja dari kita.
Pembatasan pendaki blum kita kerjakan (ga kayak G.Gede)..masih ada kontra antara pembatasan pengunjung dengan target tiket..nahhh..target tiket jg dari pemerintah asalnya.. bingung kan??
intinya klo ada saran gmn membuat jera pendaki yg buang sampah sembarangan..gmn cara ngerubah mindset klo Rinjani ini milik bersama..rusak Rinjani semua rugi..
yukk cari cara gmn ngrubah sikap pendaki ini..seberapa banyak bersih2 gunung ga bakal nutupin kecepatan org buang sampah..yakin gw..palagi pendaki makin kehari makin banyak jumlahnya..piss



Quote:Pengalaman Agan Aganwati

Quote:Original Posted By CallMeEbo â–º
ini contoh kalo skrg itu naek gunung udh bukan cuma buat pecinta alam, tapi buat ababil tai anjing yang pengen naek gunung gegara ngebet pgn foto ama pgm dibilang keren. gw udh berapa kali nemuin orang enak aja buang samoah beres bikin mi si perkemahan, makan snack asal buang sampah asli kalo gw udh ga waras gw ludahin itu muka orang2, sayang nya gw ditahan2 ama tmn gw dan ujung2nya cuma bisa negor doang, and then besok siang nya pas mereka balik ternyata sampah nya masih disitu dan makin banyak. kan tae..ternyata pas gw tegor sampahnya disumputin si bawah tenda, goblok emang


Quote:Original Posted By fndy48 â–º
entahlah, kadang gue juga males kalo tim gue sendiri buang sampah seenaknya
pernah dulu ada temen gue pas mau turun gue suruh bawain sekantung sampah [karna dia ga bawa apa2], eh sampahnya malah dilempar ke jurang, gue diemin aja walau sebenernya dalem ati gue nyesel udah minta tolong ke orang yg salah, tau gitu kan gue bawa sendiri
Well then, buat para penikmat alam Nusantara, semoga ga cuma menikmati doang ya, tetep dijaga tingkah laku dan kebersihan lingkunganya, om-om bule ini adalah panutan yang benar2 patut ditiru, Salam Lestari


Quote:Original Posted By tanpa.syarat â–º
Hampir tiap gunung rusak kl dibuka buat umum. Salah satunya gunung ciremai, banyak batangnya di coak buat bikin api unggun. Otomatis kl ga kuat pohonnya rubuh. Dan pernah ada kejadian pendaki dari jakarta tertimpa pohon smp tewas, dan beberapa orang patah tulang. Cuma satu yang selamat tanpa luka.

Tolong buat kalian yg katanya pecinta alam jagalah alam kalian. Syukur kl cuma gunung ditutup. Lah kl kalian kena apesnya, tinggal meweknya dah....



Quote:Original Posted By dnuraito â–º
ane udh belasan kali ke lombok.. tapi ga pernah sempet naik rinjani..
yg begini ini baru "pecinta alam" sejati.. tapi klo dari organisasi pencinta alam yg "jelas" macam MAPALA UI atau Wanandri ga akan buang sampah sembarangan kyk gini.. biasanya yg buang sampah sembarangan begini malah ABG yg mau gagah2an..


Quote:Original Posted By arakputih â–º
Saya setuju kalau rinjani itu dikelola oleh badan usaha.
Gpp bayar lebih mahal tp kebersihan dan fasilitas kamar mandi/toilet tersedia dgn cukup.
Fasilitas kamar mandi menurut ane ga mengurangi kealamian atau makna dr mendaki gunung itu sendiri.
Bila penting yg daki gunung rinjani harus daftar online dulu.

Mgkn ada yg bilang, kalau dikelola badan usaha dan tiket nya bisa mahal ya gpp.. berarti yg daki rinjani adalah org yg udah emang siap. Jd tdk sembarangan org daki rinjani.
Itu juga untuk kelangsungan wisata gunung rinjani tersebut.


Quote:Original Posted By rivai1313 â–º
Itu cuma oknum gan yg buang sampah kaya gitu, di kita juga ada ko gan komunitas yg suka bebersih gunung, dan mereka juga udah sering ngambilin sampah digunung-gunung


Quote:Original Posted By ojay99 â–º
Dear TS

Banyak jg kok pendaki" lokal yg bawa sampah turun di G.Rinjani tp yaa jumlah lebih sedikit dibanding sma yg nyampah. Gak bisa dipungkirin sifat kepedulian org Indonesia akan sampah masih kurang bgt . Tp jangan dikira pendaki" indonesia gak ngelakuin OPSIH Gunung (Operasi Bersih) banyak kok yg buat kaya gtu contoh TrashBag Community, mereka kalo naik gunung pasti lakuin OPSIH yaa walupun gw bukan anak TrashBag tp gw selalu bawa sampah gw turun. klo ditanya "mana buktinya klo lu bawa turun sampah lu? no pic = hoax" gw bakalan jawab yg tau gw bawa sampah turun cukup Tuhan dan temen" seperjalan gw doang (walaupun gw ada fotonya tp buat konsumsi sendiri aja )

Intinya karena Bule yg ngelakuin ini jd terkesan wahh bgt dan gak sedikit jg yg ngecap pendaki" indonesia kerjaannya cuma buang sampah tp sebenernya enggak semuanya kok. Kata penutup dr gw "Bawa aja turun sampah pribadi lu dulu"

salam dr anak indonesia


Quote:Original Posted By rdhnred â–º
plis deh sebenernya PECINTA ALAM GADUNGAN (read : ) itu udah ada dari jaman dulu, tapi semenjak film 5cm dan isu travelling yang happening, menciptakan TRAVELER GADUNGAN BULLSHIT yang cuma bisa (sorry to say) foto foto dengan gadget super duper high-end kemudian lo pamerin di berbagai media sosial buat eksis dan menaikkkan status sosial lo jadi TRAVELER SUPER DUPER BULLSHIT (read : ) , TANPA PEDULI pada LINGKUNGAN sekitarnya. (boro-boro inget)

So alangkah baiknya kita sebagai makhluk yg di anugerahi AKAL PIKIRAN, bisa mengubah kebiaasan buruk kita yang tadinya APATIS terhadap lingkungan menjadi orang yg PEDULI (gak perlu dijelasin kan gimana caranya). Ga usah jauh jauh ke gunung dulu, toh disekitar kita masih banyak sampah yang berserakan karena ulah kita juga.

Quote:Original Posted By Dennoyarsen â–º
yang mungutin sampah dari atas turun kebawah itu banyak tapi yang ngebuang sampah sembarangan dengan niat mendaki buat foto-foto pake tulisan mdpl mdpl jauh lebih banyak
balik lagi ke mental sih, temen gue sendiri ada kok yang sering pendakian dan gembar gembor cinta alam blablabla tapi tetep aja buang sampah sembarangan wtfeler!
walau cuma ikut-ikutan dan sekaligus pengen asah mental tapi seenggaknya gue nggak pernah namanya mau ngusik alam itu sendiri ya dengan cara nggak buang sampah di gunung sembarangan plus matahin ranting sembarangan buat bikin api unggun
kalo belum kuat ya minimal jangan ngerusak deh
nanti kalo udah mulai rusak mau nyalahin siapa? pemerintah?


Quote:Original Posted By iqydarma â–º
Skrg kayaknya naik gunung itu buat gengsi menaikan status di media sosial. Cuma buat foto2 bawa secarik kertas trus foto di puncak gunung abis itu buang kertasnya seenak udel. Gak bener2 ngerasain filosopinya naik gunung itu apa. Dulu kyknya yang naik gunung itu emg bener pencinta alam deh sblm skrg2 ini jadi tren abg alay yg cuma buat foto2 di puncak gunung. Kasihan sebenernya. Jangankan di gunung, dijalan aja kalo liat orang buang sampah bikin gedeg banget!! Kalo gak bisa bantu bersihin coba minimal engga bikin kotor aja deh


Quote:Original Posted By Bloodlyhell â–º
Mau share ni gan, Bulan lalu ane ke rinjani bawa 3 porter, kita naik itu selalu ngantongin sampah sampai Celana ane kotor banget penuh sampah, tapi ironisnya ternyata selagi kita ngantongin sampah malah porter yang ane bawa itu buang sampah sembarangan setiap merokok atau selagi camping, ane jga udah bilangin emang Batu banget jadi warga lokal situ pun jga harus diedukasi khususnya porter,


thanks gan


Quote:Original Posted By Pencarikerjaa â–º
Ane pernah naik rinjani Ane bawa turun sampah rombongan Ane pake plastik putih .. orang 2 pada liatin Ane bawah sampah.. Ane berharap bawa sampah turun gunung itu keren.. Krn kita bisa jaga alam


Quote:Original Posted By unoz17 â–º
Jaman ane masih kuliah dulu, kalo liat tim ane ada yg buang sampah sembarangan bakalan abis tuh org.. :
Minimal ane dulu selalu tekankan ke tim kalo untuk selalu bawa sampah pribadi ke bawah lagi. Btw udh lama bgt ga naek gunung euy. Jd kangen :sad: dulu minimal setaon sekali ikut OPSIH itu udh jadi agenda MAPALA ane dulu. Salam Lestari



Quote:Original Posted By feiris â–º
ane jg ud daki pegunungan Alps di Prancis smpe Itali, temen2 pendaki bule emg lebih peduli ke lingkungan dibandingin temen2 pendaki di Indo.

terkadang banyak pendaki yang belum memahami 3 kalimat ini :
Leave nothing but footsteps
Take nothing but photo
Kill nothing but time


ane pendaki jg gan, bahkan bagi pendaki yg sngt cinta alam, sabun, samphoo, pasta gigi organik biar gak mencemari mata air kalo di pake di alam.

mari jaga keindahan pegunungan Indo kita dengan menjaga kebersihan ketika mendaki gunung.

pejwan jika berkenan.


Quote:Original Posted By mr.drz â–º
Salut dan juga malu gan ane ama wisman ini,

Bener beda banget Rinjani ane daki tahun 2003 dengan Rinjani terakhir daki tahun 2014,kotor sekali


Quote:INFO ACARA "SAPU JAGAD" DI RINJANI TANGGAL 12 SEPTEMBER DARI AGAN GERRY PATRA YANG BERMINAT SILAKAN PM AGAN GERRY PATRA :

Quote:


Quote:Original Posted By gerrypatra â–º
Ane juga baca di green book kalo ga salah.. Ini mereka berpusat di bali basenya..
Emang sih dimana ada manusia ada sampah. Tapi menurut ane kembali kepribadian masing masing. Punya iman gak itu orang. Kalo punya juga mereka nyadar..

Oh iya sekalian promosi, tanggal 12 september mungkin ada yang mau join acara sapu jagad di gunung rinjani. Kebetulan ane upk nya..
Acara berpusat pada konteks sampah. Dan jangan berharap sampai ke puncak. Karena melalui informan kami sampah lebih seabrek di segara anak. Jika ada yang minat monggo pm gan..

Jagalah selalu keindahan negeri ini dimana pu. Anda berada.
Dilaut, gunung, daratan.
Tanakam bahwa tempat yang kita singgahi bukan tempat sampah.
Salam lestari, salam angkut.

Terima kasih ðŸ'Š




Quote:JANGAN LUPA RATE 5, CENDOL SAMA KOMENTNYA GAN DAN TOLONG BANTU DISHARE VIA MEDIA SOSIAL FACEBOOK/TWITTER/G + AGAR LEBIH BANYAK YANG DAPAT MEMBACA THREAD INI GAN

Quote:

No comments:

Post a Comment