Tuesday, July 21, 2015

Ini Alasan Kenapa BAB Jongkok Lebih Sehat daripada Duduk

Inspiratif 
Ini Alasan Kenapa BAB Jongkok Lebih Sehat daripada Duduk

Quote:SELAMAT DATANG DI TRIT ANE YG SEDERHANA
Quote: INSYAALLAH NO REPOST, SILAHKAN CEK REPOST
Spoiler for Cek Repost:


Quote:Quote:Ini Alasan Kenapa BAB Jongkok Lebih Sehat daripada Duduk
Quote:
Quote:Kenapa orang di negara Barat ini kebanyakan menderita penyakit wasir ? Ini dikarenakan kebiasaan BAB mereka yang salah. Orang Negara Barat kebanyakan memfasilitasi kamar mandinya dengan penuh kemewahan yang bisa membuat mereka duduk sambil BAB.

Memiliki kebiasaan BAB sambil duduk ini ternyata jauh lebih berbahaya di bandingkan BAB jongkok. Kebiasaan BAB duduk ini akan sulit membuat mereka mengeluarkan isi perut yang menyebabkan mereka akan mudah terserang penyakit wasir.

Berbeda dengan orang Asia yang sejak kecil sudah diajarkan BAB sambil jongkok. Faktanya BAB sambil jongkok ini justru lebih sehat karena memberikan dorongan pada usus untuk mengeluarkan kotoran isi perut.

Hal ini juga telah dijelaskan oleh Giulia Enders, seorang ahli mikrobiologi Jerman yang berhasil menuliskan sebuah pernyataan dalam bukunya yang berjudul Charming Bowels 'kenapa jika masyarakat Barat sering menderita hemoroid (wasir) dan penyakit usus seperti divertikulitis ini akibat kebiasaan BAB mereka duduk, sedangkan '1,2 miliar orang di dunia yang BAB jongkok hampir tidak memiliki masalah diverticulitis dan lebih jarang terkena wasir' seperti yang dilansir dari Merdeka.com (21/5).

Nah, untuk itu jika selama ini pandangan BAB duduk terlihat lebih mewah , tetapi malah lebih membahayakan kesehatan dibandingkan dengan BAB duduk yang justru lebih sederhana tetapi menyehatkan. Sumber

Quote:Quote:BAB Jongkok Lebih Sehat daripada Duduk
Quote:
Ilustrasi kamar mandi. ©2015 Merdeka.com/mediacdn.shopatron.com

Quote:Giulia Enders, seorang ahli mikrobiologi Jerman, mengklaim bahwa orang di negara-negara Barat buang air besar dengan cara yang salah. Dia mengatakan bahwa mereka seharusnya jongkok, bukan duduk.

Dalam bukunya yang berjudul Charming Bowels, Giulia menulis bahwa kebiasaan BAB masyarakat Barat dapat menjelaskan mengapa hemoroid (wasir) dan penyakit usus seperti divertikulitis lebih umum di Barat daripada di Asia.

Dia mengatakan kepada The Guardian: "1,2 miliar orang di dunia yang BAB jongkok hampir tidak memiliki masalah diverticulitis dan lebih jarang terkena wasir."

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, Giulia juga menemukan bahwa jongkok adalah cara yang lebih efektif untuk mengosongkan isi perut. Sebab, jongkok hanya menempatkan sedikit tekanan pada usus.

"Melihat hasil itu, entah kenapa masyarakat Barat merasa yakin bahwa BAB duduk lebih beradab," lanjutnya. Sumber

Quote:Quote:BAB dengan Posisi Jongkok Ternyata Lebih Baik, Ini Penjelasannya
Quote:Biasanya yang kita tahu, posisi BAB cuman ada 2, yaitu duduk dan jongkok. Nah, dari 2 posisi tersebut, menurut anda mana yang lebih baik? Duduk atau jongkok?

Ternyata posisi duduk saat BAB itu sangat berpengaruh dengan proses BAB itu sendiri. Nah, terus posisi BAB mana yang tepat?

Sejumlah studi klinis telah mengamati tentang posisi duduk dan jongkok untuk buang air besar.

Sebuah penelitian di Israel pada tahun 2003 menemukan bahwa di tempat yang lebih sering menggunakan toilet jongkok relatif lebih kurang dari masalah yang berhubungan dengan wasir, sembelit, dan divertikulitis (penyakit pencernaan).

Studi lain yang dilakukan di Jepang pada tahun 2010 menemukan hasil yaitu, posisi jongkok menurunkan tekanan perut dan ketegangan otot dibandingkan dengan posisi duduk.

Posisi jongkok berfungsi untuk mengoptimalkan sudut anorektal, yaitu saluran yang dilalui kotoran.
Dengan posisi duduk, saluran ini menjadi bengkok sehingga membutuhkan lebih banyak usaha untuk dilewati oleh kotoran.

Sedangkan posisi jongkok meluruskan sudut anorektal, sehingga buang air besar menjadi lebih mudah.
Selain itu, posisi duduk menyebabkan rektum terbatasi oleh otot puborectalis.

Sebenarnya otot ini sangat penting dalam menjalani kegiatan harian, karena dapat mengontrol anda melepaskan kotoran, tapi juga dapat menjadi penghalang ketika tiba saatnya untuk BAB.

Jongkok membantu otot ini untuk lebih santai, sekali lagi mengurangi jumlah ketegangan yang diperlukan untuk pembuangan kotoran.

Pada gilirannya, mengurangi ketegangan menyebabkan lebih sedikit masalah usus dan pencernaan.
Nah jika WC/Toilet Kita sudah terlanjur menggunakan toilet duduk kita bisa mengakalinya, Kita bisa membuat papan pijakan sendiri atau membeli produk khusus untuk membantu anda saat BAB di toilet duduk. Sumber

Quote:Wah...untunglah di rumah ane ga ada closet duduk...adanya jongkok...dulu sewaktu study tour SMP pernah nginap di hotel yg di toilet adanya hanya closet duduk...praktis krn ane wong ndeso ga bisa BAB sambil duduk...akhirnya ane jongkok tuh di atas closetnya
Quote:JIKA TRIT INI BAGUS DAN BERMUTU...BANTU REKOMENDASI HOT THREAD YA GAN...BIAR BANYAK KASKUSER YANG IKUT AMBIL MANFAAT DARI TRIT INI...
Quote:Mampir ke trit ane yg lain:
Spoiler for Trit ane yg lain:

No comments:

Post a Comment