Tuesday, August 11, 2015

Jangan Sembarang Melintas di Bahu Tol Gan! Ini Kegunaannya

Peringatan! 
(PENTING) Kegunaan Bahu Jalan di Tol
Quote:

Spoiler for No repsol gan:

Quote:Halo gan!!
Kapanpun, siapapun, apapun, dan dimanapun ente berada sekarang. Yang lagi boboan dikasur tetangga, yang lagi semedi di toilet, yg lagi masak nasi, yg lagi ngewarnet, yg lagi iseng gak ada kerjaan dikantor, yg lagi lagi dah pkoknya. Ane doakan kesehatan selalu bersama ente gan


Trit ini disponsori oleh hasil pantauan ane di instagram NTMC semalem. Ane baca komen2nya pada satu gambar penilangan polisi terhadap sopir taksi di bahu jalan tol. Banyak yg teriak2 “Kan kosong, ya sayang aja gk dipake…” “Emg kondisi darurat gimana yg diperbolehkan lewat? Kebelet boker kan darurat, boleh dong..” dan segala macam komen nyinyir terhadap pak polkis kita hahaha *bukan maksud bela polkis juga*


Quote:Nyambung ke trit beberapa hari lalu tentang Menggunakan Jalan Raya akan Lebih Nyaman Bila… bahwa peraturan diberlakukan utk kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan. Aneh aja, saat ada pengemudi lagi jalan di bahu jalan ngebut, terus didepannya ada mobil mogok dibahu jalan, eh malah menggerutu dan klakson2in. Kan ngaco.
Spoiler for Road Rage:


Quote:Udah ah, disimak aja yg beginian gan. Ane kutip dari hasil tulisan om Edo Rusyanto tahun 2014 lalu mengenai bahu jalan.


Quote:Apa Sih Bahu Jalan?
Spoiler for Bahu Jalan:

Bahu jalan adalah sisi bagian kiri di lajur jalan tol. Lazimnya bahu jalan hanya bisa dilintasi satu kendaraan atau mobil satu arah. Bahu jalan dibatasi oleh marka jalan menyambung.

Sedangkan penggunaan bahu jalan di tol diatur oleh peraturan pemerintah (PP). Pada PP Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, khususnya pasal 41 disebutkan mengenai penggunaan bahu jalan. Pertama, digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat. Kedua, diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat. Lalu, ketiga, tidak digunakan untuk menarik/menderek/ mendorong kendaraan. Terkahir, keempat, tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan.
Spoiler for Bahu cuy:

Artinya, cukup jelas kan? Bahu jalan hanya dipakai untuk kondisi darurat.
Lantas, apa itu kondisi darurat?
Spoiler for Darurat cuy:

Dalam aturan yang sama di bagian penjelasan ditegaskan soal defenisi darurat. Begini ceritanya.
Pada dasarnya kendaraan tidak diperkenankan berhenti di sepanjang jalur bahu jalan. Sedangkan yang
dimaksud dengan kendaraan berhenti darurat adalah kendaraan yang berhenti sebentar karena keadaan darurat yang disebabkan antara lain kendaraan mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, dan gangguan fisik pengemudi.


Quote:Kisah Pilu
Lalu, kenapa masih nekat melibas bahu jalan hanya sekadar malas antre?
Padahal, fakta membeberkan, sepanjang 2014 ini sudah cukup banyak kisah memilukan yang terjadi di bahu jalan tol. Silakan berkelana di dunia maya dan ketik kalimat tabrakan di bahu jalan pasti banyak ditemui berita pilu itu.
Spoiler for Pilu Cuy:

Masih ingatkah Anda mengenai seorang pengemudi truk boks yang tewas seketika setelah kendaraan yang dikemudikannya menabrak truk di bahu jalan ruas Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 13, Kecamatan Bekasi Barat, Senin malam, 21 Juli 2014. “Sopir truk yang ditabrak lalu melarikan diri,” tulis tempo.co, edisi Selasa, 22 Juli 2014.

Laman berita itu juga menulis, berdasarkan penyelidikan sementara saat itu, truk yang dikemudikan korban melaju dari arah Jakarta menuju Cikampek dengan kecepatan cukup tinggi. Diduga lalai, pengemudi mengambil lajur kiri untuk mendahului hingga kahirnya menabrak truk yang tengah berhenti di depannya.
Spoiler for Celaka Cuy:

Atau, Anda masih ingat kisah pilu yang pernah diberitakan tribunnews.com edisi Jumat, 29 Agustus 2014? laman berita tersebut menulis, sebuah mobil Nissan Grand Livina menabrak truk trailer yang terpakir di bahu jalan di ruas tol JORR KM 60, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara pada Jumat (29/8/2014) dini hari. Akibatnya, tiga dari empat penumpang mobil penabrak tewas di lokasi dan satu penumpang lainnya bawa ke rumah sakit. Saat itu, truk trailer dan pengemudinya melarikan diri.


Quote:Nah sekian gan, ane harap, dengan waktu 5 menit yg agan luangkan, dapat bermanfaat utk diri agan dan org sekitar agan. Sampaikan pesan ini ke orang lain juga, biar mereka paham dan mengerti fungsi bahu jalan tersebut. Semua supaya apa? ya ini demi kebaikan bersama, kebaikan semua pihak gan.

Btw, para driver dan pencinta otomotif, nnti bakalan ada Indonesia International Motor Show atau IIMS 2015 di kemayoran. Tgl 20 - 30 Agustus gan. Ane bakal kesitu, ketemuan yak kita gan disono. Sharing2 info dan tips berkendara juga sekalian. CMIWW.

Ane pengen gan, bukannya kalo agan berkenan di gan.
Sekalian di share ya gan monggo
tengkyu gann, lopyupulll


Quote:Mampir Trit Ane lainnya gan

TOP 5 Penghematan Anak Kos (MABA kudu masuk)
Hukuman Menarik Saat di Sekolah
Ragam "Warna Kulit" Orang Indonesia (HT)
Top 5 Kriteria Cewek Idaman (kebanyakan) Pria Indonesia (HT)
Pameran Ala Siswa Sekolahan
(REFERENSI) Ragam Food Truck
Eksotisnya Wanita Indonesia




Quote:Sumber gambar www.google.com
Sumber tulisan om Edo disini


Quote:

No comments:

Post a Comment